Cara Mengatasi Cat Tembok Mengelupas dengan Mudah

Cara Mengatasi Cat Tembok Mengelupas dengan Mudah

Cara mengatasi cat tembok mengelupas ini bisa Anda terapkan agar rumah Anda tetap tampak menawan. Cat dinding merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan rumah.

Dengan cat dinding, hunian Anda akan terlihat lebih indah. Tembok rumah yang tidak dicat memang tidak masalah. Tetapi dengan tembok rumah yang berwarna, maka akan menimbulkan berbagai kesan saat orang melihatnya.

Namun, tahukah kamu bahwa cat tembok juga membutuhkan perawatan? Jika Anda tidak merawat cat tembok dengan baik, maka kemungkinan akan muncul berbagai masalah. Seperti warnanya yang memudar, kotor, bahkan mengelupas.

Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu, Anda harus telaten untuk merawat cat tembok agar awet. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan.

Untuk kali ini, kita akan membahas tentang cat tembok yang mengelupas. Kita akan membahas mengenai penyebab dan juga bagaimana cara mengatasi cat tembok mengelupas.

Berikut pembahasan selengkapnya.

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Rumah Bagian Luar Agar Rumah Lebih Cantik

Penyebab Cat Tembok Mengelupas

Cat mengelupas merupakan hal yang wajar terjadi. Karena memang cat mahal pun akan tetap mengelupas, jika cat sudah menempel di tembok selama beberapa tahun. Namun jika baru beberapa bulan, dan cat sudah mengelupas, maka Anda perlu mencari tau apa penyebabnya.

Berikut adalah beberapa penyebab cat tembok mengelupas.

  • Kualitas cat yang buruk

Cat yang harganya sangat murah perlu Anda ragukan kualitasnya. Biasanya cat yang terlalu murah memiliki kualitas yang buruk atau rendah. Jadi, agar cat rumah Anda tidak mudah mengelupas, maka jangan memilih cat yang harganya terlampau murah.

  • Permukaan dinding kotor

Jika permukaan dinding kotor, maka cat tidak bisa menempel dengan sempurna. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan permukaan dinding sebelum melakukan pengecatan.

  • Sisa cat lama tidak bersih

Cat lama yang berkualitas buruk dapat berpengaruh pada cat baru. Sehingga sebelum Anda mengecat ulang tembok rumah, pastikan cat lama sudah tidak bersisa di tembok.

  • Tembok lembab

Tembok atau dinding yang lembab bisa menjadi salah satu penyebab cat tembok bisa mengelupas. Kadar air yang berlebihan pada tembok, akan membuat cat tidak menempel dengan sempurna. Dan akhirnya akan mudah mengelupas.

Cara Mengatasi Cat Tembok Mengelupas

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kita akan membahas cara mengatasi cat tembok mengelupas. Simak baik-baik ya.

  • Gunakan cat waterproof

Untuk mengatasi cat tembok mengelupas, Anda bisa menggunakan cat waterproof. Cat waterproof merupakan cat yang dapat tahan terhadap kelembaban.

Cat jenis ini bisa Anda gunakan sebagai lapisan dasar. Tujuannya adalah agar ketahanan dinding terhadap kelembaban menjadi lebih baik. Jika sudah seperti ini, maka cat tidak akan mudah berjamur atau mengelupas.

  • Gunakan paint remover

Cara mengatasi cat tembok mengelupas yang lainnya adalah dengan menggunakan paint remover. Dengan menggunakan paint remover, cat lama dapat terkelupas dengan sempurna.

Paint remover ini berwujud cair dan terbuat dari bahan-bahan kimia. Bukan hanya membantu mengelupas cat lama, tetapi juga mampu membersihkan kotoran yang ada pada dinding.

  • Perhatikan sirkulasi udara

Salah satu penyebab cat tembok mengelupas adalah karena kondisi tembok yang lembab. Tembok lembab ini bukan hanya karena air, tetapi juga bisa karena sirkulasi udara yang buruk.

Kurangnya sirkulasi udara dalam suatu ruangan dapat membuat tembok menjadi lembab. Sehingga akan berdampak pada cat yang mudah mengelupas.

Salah satu cara mengatasi cat tembok mengelupas adalah dengan menjaga sirkulasi udara agar tetap seimbang. Jika ruangan tersebut lama tidak Anda gunakan, Anda bisa membuka pintu atau jendela agar ruangan tidak lembab.

Baca juga: Mau Bangun Rumah Murah Minimalis? Anda Wajib Baca Ini

Itulah pembahasan mengenai beberapa cara mengatasi cat tembok mengelupas yang bisa Anda terapkan. Sebagai pemilik rumah, wajib bagi Anda untuk selalu menjaga keindahan, kerapian, dan juga kebersihan rumah. Salah satunya dengan merawat cat tembok.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.